Selasa, 11 Juni 2013

Teori Komputasi

Pada mata kuliah softskill semester ini membahas tentang teori komputasi dan implementasi komputasi. 
·         Teori Komputasi
Apa itu komputasi? Komputasi adalah suatu proses umum pada bagian informasi untuk memecahkan suatu masalah yang sudah dinput dengan menggunakan suatu algoritma yang terkait. Komputasi juga dapat disebut sebuah subjek dasi sebuah komputer sains, yang bertugas untuk menganalisa secara komputasi apayang bisa dilakukan dan mana yang tidak bisa. Teori Komputasi adalah suatu pembahas tentang bagaimana dan apakah suatu masalah dengan menggunakan suatu algoritma yang dapat dipecahkan oleh model kompilasi yang dimana berkatan dengan cabang ilmu komputer dan matematika.
Zaman dahulu para manusia pada saat menghitung sesuatu hanya menggunakan pena, kertas, batu dan lain-lain yang dapat membantu proses perhitungan. Bahkan terkadang hanya menggunakan otak sebagai pengingat. Tetapi pada zaman ini proses perhitungan sudah semakin kompleks dibandingkan dengan zaman terdahulu sehingga memerlukan sebuah alat agar mempermudah manusia untuk memecahkan masalah tersebut. Sehingga pada saat ini kita membutuhkan sebuah cara untuk menyelesaikan masalah tersebut yang dapat disebut sebagai komputasi.
Pada bagian teori komputasi telah dibagi menjadi dua bagian antara lain teori kompleksitas dan teori komputabilitas. Pada kedua bagian tersebut sangat berhubungan denga model formal komputasi. Kompleksitas adalah sebuah ilmu dimana mengkaji sebuah sistem yang dinamik secara keseluruhan. Sedangkan komputabilitas adalah bertugas sebagai pemeriksa batasan-batasan pada model-model teoritis yang digunakan oleh komputer.
 Pada bidang komputasi ini lebih kepada sebuah pemahan tentang suatu masalah manusia yang mencari jawaban yang lebih baik dengan menggunakan suatu model-model aritmatika dalam bidang komputer dengan menggunakan landasan teori yang sedang berkembang sehingga membuat pemahaman yang lebih baru.
·         Ada pun beberapa bagian dari komputasi yaitu:
1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
    Mobile computing (komputasi bergerak) adalah sebuah kemajuan teknologi komputer yang dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Contohnya: smartphone, dll
2. Grid Computing
    Komputasi grid disini adalah memanfaatkan suatu kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. 
3. Cloud Computing atau Komputasi Awan
Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
Contohnya dari satu provider Indonesia XL, yaitu XL Klik, dimana dengan menginstall XL Klik User sudah dapat menikmati beberapa aplikasi jejaring social, yang sebenarnya aplikasi itu terinstall di server XL, bukan di handphone mereka.
·         Implementasi Komputasi
Adapun implementasi pada komputasi yang digunakan pada bidang ilmu pengetahun adalah  pada bidang fisika, kimia, biologi, ekonomi, sosiologi dan lain-lain. Kita dapat melihat pada pembahasan dibawah ini.
1.      Computational Physics (Fisika) – Implementasi pada ilmu pengetahun fisika dimana kita menggunakan algoritma numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada.
2.      Computational Economics (Ekonomi) – implementasi pada ilmu pengetahuan ekonomi adalah mempelajari agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macroeconomic systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.
3.      Computational Chemistry (Kimia) – Implementasi dari bidang ilmu pengetahuan adalah memaparkan dari dari teori kimia digabungkan dengan program komputer yang handal untuk menghitung struktur dan sifat molekul.
4.      Bioinformatics (Biologi) – Merupakan sebuah aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi molekuler.
5.      Computational Sociology (Sosiologil) – Sebuah cabang ilsu sosiologi yang menggunakan metode komputasi intensif untuk menganalisa fenomena sosial.
6.      Cognitive Science (Ilmu Kognitif) – Sebuah cabang ilmu menengah yang mempelajari bagaimana informasi dibentuk dan digambarkan oleh otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar